Bisnis Model Canvas adalah model bisnis yg terdiri dari 9 blok area aktivitas bisnis, yang memiliki tujuan memetakan strategi untuk membangun bisnis yang kuat, bisa memenangkan persaingan dan sukses dalam jangka panjang. Bisnis Model Canvas ini memiliki ciri khas dengan 9 blok model yang jika disatukan akan menjadi satu kesatuan bisnis:
1. Customers Segment
2. Value Proposition
3. Customer Relationship
4. Channel
5. Revenue Stream
6. Key Resource
7. Key Activities
8. Key Partnership
9. Cost Structure
1.
Customer Segment
Dalam menjalankan
roda bisnisnya, pertama-tama organisasi harus menetapkan siapa yang
harus dilayani. Organisasi dapat menetapkan untuk melayani satu atau
lebih segmen. Penetapan segmen ini akan menentukan komponen-komponen
lain dalam model bisnis.
2.
Value Proposition
Value
Proposition adalah manfaat yang
ditawarkan organisasi kepada segmen pasar yang dilayani. Tentu saja,
value proposition
akan menentukan segmen pelanggan yang dipilih atau sebaliknya. Value
proposition juga akan mempengaruhi
komponen lain seperti Channel dan
Customer Relationship.
3.
Channels
Channels
merupakan sarana bagi organisasi untuk
menyampaikanValue Proposition kepada
Customer Segment yang
dilayani . Channel berfungsi
dalam beberapa tahapan mulai dari kesadaran pelanggan sampai ke
pelayanan purna jual. Dua elemen lain yang harus diperhitungkan
secara cermat dalam membuat model Channel
adalah Value
Proposition dan Customer
Segment.
4.
Revenue Stream
Revenue
Stream merupakan komponen yang dianggap
paling vital. Umumnya organisasi memperoleh pendapatan dari
pelanggan. Meskipun demikian banyak organisasi bisa membuka aliran
masuk pendapatan dari kantong bukan pelanggan langsung.
5.
Customer Relationship,
Customer
Relationship yaitu cara organisasi
menjalin ikatan dengan pelanggannya.
6.
Key Activities
Key
Activities adalah kegiatan utama
organisasi untuk dapat menciptakan Proposisi Nilai.
7.
Key Resources
Key
Resources adalah sumber daya milik
organisasi yang digunakan untuk mewujudkan proposisi nilai. Sumber
daya umumnya berwujud manusia, teknologi, peralatan, channel
maupun brand.
8.
Key Partnership
Key
Partnership merupakan sumber daya yang
diperlukan oleh organisasi untuk mewujudkan proposisi nilai, tetapi
tidak dimiliki oleh organisasi tersebut. Pemanfaatan Key
Partnershipoleh perusahaan dapat
berbentuk outsourcing, joint venture,
joint operation, atau aliansi
strategis.
9.
Cost Structure
Cost
Structure adalah komposisi biaya untuk
mengoperasikan organisasi mewujudkan proposisi nilai yang diberikan
kepada pelanggan. Struktur biaya yang efisien, menjadi kunci besarnya
laba yang diperoleh organisasi.
0 komentar:
Posting Komentar